Menu

DENATURE INDONESIA

BY ROFIKOH

Cara Menghilangkan Kutil Kelamin Secara Alami

Selain dilihat secara kasat mata, dokter juga bisa melihat kutil kelamin melalui kaca pembesar. Pemeriksaan dengan menggunakan kaca pembesar tergantung pada lokasi dimana kutil kemaluan tersebut tumbuh. Kalau tumbuhnya berada dibagian anus, maka dokter menggunakan alat proktoskop. Apabila kutil tumbuh dibagian dalam vagina, dokter menggunakan alat speculum. Tujuan dari penggunaan alat speculum adalah untuk melihat keadaan dinding vagina dan leher rahim dari pasien.

obat kutil kelamin de nature

Anda harus memeriksakan diri ke dokter jika merasakan adanya gejala kutil kelamin, sering melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom, dan salah satu pasangan menderita kutil kelamin atau juga penyakit seksual yang menular lain, termasuk diri Anda sendiri.

Lalu bagaimana cara mengobati kutil kelamin? Ada dua jenis pengobatan yang berkaitan dengan penyakit kutil kelamin yaitu pengobatan topikal dan prosedur ablasi. Bagi yang memilih pengobatan topical, pengobatan ini dilakukan ketika bagian-bagian kutil dioleskan dengan menggunakan obat yang berbentuk cair seperti salep, krim, atau cairan obat yang mengandung zat tertentu pada kutil. Pengobatan topikal adalah pengobatan yang dilakukan kepada pasien yang menderita kutil kelamin ringan. obat kutil kelamin

Adapun jenis-jenis obat topikal untuk kutil kelamin adalah sebagai berikut, jenis obat yang pertama adalah asam trikloroasetat. Fungsi dari obat ini adalah menghancurkan protein yang dimiliki sel-sel kutil. Apabila asam trikloroasetat sudah dioleskan, maka kulit Anda akan merasakan sensasi panas dalam sekejap. Jangan lupa untuk menggunakan obat ini sesuai dengan petunjuk. Apabila salah diterapkan, maka kulit Anda akan rusak. Dokter akan memberikan resep untuk mengobati kutil berukuran kecil dan memiliki tekstur keras dengan obat asam trikloroasetat ini. Bagi wanita hamil, obat ini juga aman untuk digunakan.

Baca juga : Begini Cara Menghilangkan Kutil Kelamin Secara Efektif

Jenis obat yang kedua adalah podophyllotoxin. Podophyllotoxin memiliki fungsi untuk meracuni sel-sel kutil. Obat ini cocok untuk mengobati kutil-kutil yang berukuran kecil dan berkelompok. Namun sayangnya obat ini tidak cocok untuk wanita hamil.

Obat yang ketiga adalah imiquimod. Obat ini memiliki fungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh supaya bisa melawan infeksi kutil. Bentuk dari obat ini adalah bentuk krim dan cocok digunakan untuk kutil yang berukuran besar. Tidak disarankan untuk menggunakan obat ini bagi wanita hamil. Efek samping dari penggunaan obat imiquimod adalah iritasi ringan.

Prosedur kedua yang ditempuh untuk mengobati kutil kelamin adalah prosedur ablasi. Prosedur ini dilakukan jika kutil tidak bisa diatasi dengan obat-obatan topical. Eksisi, bedah listrik, cryotherapy, dan bedah laser adalah contoh-contoh dari prosedur ablasi. Bagi sebagian orang, penyakit kutil kelamin bisa kambuh kembali, bisa dalam waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Semua kembali kepada pola hidup setiap orang, khususnya pola hidup yang berkaitan dengan aktivitas seksual.

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, maka sebelum terkena penyakit kutil kelamin ini, hendaknya setiap orang menghindari perilaku seksual yang kurang baik seperti contoh melakukan hubungan seksual dengan gonta ganti pasangan atau melakukan hubungan seksual diluar nikah. Sebelum menimbulkan masalah yang berkepanjangan, sebaiknya pola hidup seperti itu diubah.

Marilah membangun kehidupan yang lebih bermanfaat dan bermoral, yakni dengan setia pada satu pasangan ketika melakukan hubungan seksual dan membiasakan diri untuk menjaga kebersihan alat genital dengan baik. Untuk menjaga kebersihan luar alat genital, Anda bisa membersihkan vagina dengan menggunakan air sirih agar higienis. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti celana dalam sehabis mandi pagi dan sore supaya kebersihan alat genital Anda terjaga. Semua ini kembali lagi ke pola hidup sehat setiap orang supaya penyakit kutil kelamin bisa teratasi dengan baik. Solusi lain yang bisa dilakukan adalah pemberian vaksin HPV dan menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.

Penyebab ciri,gejala,penularan dan pengobatan khusus kutil kelamin

Kutil kelamin merupakan salah satu jenis penyakit seksual menular yang paling umum, penyebabnya yaitu humanpapilloma virus (HPV). Virus yang hidup di dalam sel-sel tubuh ini memiliki lebih dari seratus jenis dan tidak semuanya menyebabkan kutil kelamin. Kutil kelamin merupakan penyebab utama kanker serviks. Penularan penyakit ini terjadi melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang telah terjangkit virus sebelumnya.

Rentannya seseorang untuk tertular kutil kelamin biasanya ditunjang oleh beberapa faktor risiko, seperti melakukan hubungan seksual dengan orang-orang yang berbeda tanpa pelindung, melakukan hubungan dengan seseorang yang riwayat kehidupan seksualnya tidak diketahui, dan aktif secara seksual sejak usia remaja. Selain itu, seseorang juga lebih rentan terkena kutil kelamin jika sebelumnya pernah menderita penyakit menular seksual lainnya. obat kutil kelamin herbal de nature

Pemakaian kondom dapat menjadi langkah minimal untuk melindungi kita dari kutil kelamin, meski alat kontrasepsi ini tidak sepenuhnya menutupi kulit area genital.

Virus HPV tidak bisa ditularkan melalui pelukan, ciuman, atau media perantara seperti alat makan, handuk, atau kertas toilet. Virus ini hanya bisa ditularkan melalui kontak antara kulit dengan kulit ketika berhubungan intim, termasuk seks oral dan berbagi sex toys atau peralatan untuk merangsang pasangan. Walau sangat jarang terjadi, HPV juga bisa menular ketika seorang penderita kutil kelamin menyentuh area genital orang lain.

Seorang ibu juga dapat menularkan virus HPV kepada bayinya selama proses persalinan. Meski begitu, kasus semacam ini jarang terjadi.

Ciri Dan Gejala Kutil Kelamin

Gejala atau ciri-ciri awal munculnya kutil di kelamin umumnya di tandai dengan munculnya bintik-bintik kecil, bentuknya padat dan keras jika di tekan tidak sakit. bintik kecil ini seperti bentolan jerawat saat pertama kali keluar namun kemunculan kutil di kelamin ini di sebabkan karena ter inveksi virus HPV ( human papilloma virus ).

Penyakit kutil ini harus segera di tangani seara intensif, akah sangat berbahaya sekali jika di biarkan. selain dapat mengakibatkan timbulnya kanker serviks, penyakit ini mudah menular melalui hubungan seksual. lalu bagaimana ? pada kesempatan kali ini admin akan mengulas lengkap penjelasan tentang Gejala dan Ciri-ciri penyakit kutil kelamin. anda dapat melihat secara fisik mengenai kutil yang tumbuh di kelamin pada gambar di bawah ini :

Penularan virus ini terjadi melalui kontak kulit dengan kulit, ketika terlibat aktivitas seksual dengan seseorang yang telah terjangkit virus ini. Rentannya seseorang untuk tertular kutil kelamin biasanya ditunjang oleh beberapa faktor risiko seperti melakukan hubungan seksual tanpa pelindung, melakukan hubungan dengan seseorang yang riwayat kehidupan seksualnya tidak jelas, dan aktif secara seksual sejak usia remaja. Selain itu, penularan virus juga dapat terjadi melalui sex toys yang telah terpapar virus sebelumnya. (Baca juga tentang Obat Kutil Kelamin ).

Sebagian besar kutil kelamin berukuran sangat kecil sehingga sulit terlihat secara kasat mata. Biasanya mereka yang mengalami kondisi ini akan merasakan gatal-gatal pada daerah sekitar daerah genitalnya. Selain tumbuh satu per satu, beberapa kutil kelamin juga dapat tumbuh secara berdekatan atau membentuk kelompok yang lebih besar.

Seringkali kutil yang tumbuh pada area kelamin berukuran sangat kecil sehingga sulit terlihat dengan kasat mata. Mereka yang terkena kutil kelamin biasanya akan merasa tidak nyaman dan gatal di sekitar bagian area genitalnya. Tentu saja hal ini sangat mengganggu, terutama dalam kehidupan seksual penderitanya. Penetrasi yang terjadi saat berhubungan badan dapat menyebabkan kutil berdarah.

Selain kecil, ciri-ciri kutil kelamin adalah menyerupai bintik atau benjolan berwarna merah muda atau abu-abu. Beberapa bintik tersebut ada yang tumbuh secara berdekatan dan terlihat seperti kembang kol. Bahkan kutil kelamin ini bisa menjadi makin banyak dan membentuk kelompok-kelompok besar.

Pada pria, kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian:

  • Batang atau ujung penis
  • Anus
  • Kantung zakar
  • Paha bagian atas
  • Di sekitar atau di dalam anus
  • Di dalam uretra

Pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian:

  • Kulit kelamin bagian luar termasuk sekitar anus
  • Dinding vagina
  • Vulva
  • Leher rahim
  • Paha bagian atas
  • Selain pada alat vital dan daerah di sekitarnya, kutil kelamin juga dapat tumbuh pada mulut atau tenggorokan.
  • Biasanya kondisi ini ditularkan melalui seks oral.

Diagnosis Kutil kelamin

Kutil kelamin dapat didiagnosis dengan mudah oleh dokter melalui pemeriksaan biasa secara kasat mata atau dibantu dengan kaca pembesar. Pemeriksaan secara lebih mendetail biasanya tergantung kepada lokasi kutil kelamin tersebut tumbuh. Jika kutil diduga tumbuh di dalam anus, biasanya dokter akan menggunakan alat yang disebut proktoskop untuk melihat bagian dalam anus. Sedangkan jika kutil kelamin diduga tumbuh di dalam vagina, maka dokter akan menggunakan alat yang disebut spekulum untuk melihat dinding vagina dan leher rahim.

Periksakanlah diri Anda ke dokter jika:

  • Anda merasakan gejala kutil kelamin
  • Anda melakukan hubungan seksual tanpa kondom
  • Pasangan Anda terkena kutil kelamin atau penyakit seksual menular lainnya
  • Anda terkena penyakit seksual menular lainnya

Pencegahan kutil kelamin

Sebagai langkah utama, kutil kelamin dapat kita cegah melalui suntikan vaksin. Vaksin yang tersedia saat ini sudah dapat menangkal jenis virus HPV yang paling sering menyebabkan kutil kelamin. Vaksin ini juga dapat menangkal sebagian besar jenis virus HPV yang menjadi penyebab kanker serviks.

Vaksin HPV sebaiknya diberikan sebelum seseorang menjadi aktif secara seksual. Vaksin ini bisa diberikan sejak usia dua belas tahun dengan 3 dosis. Jarak antara dosis pertama dan kedua adalah dua bulan sedangkan jarak antara dosis kedua dan ketiga adalah lima bulan.

Pemberian vaksin HPV juga memiliki efek samping :

  • Demam ringan dengan gejala seperti flu
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada bagian yang disuntik

Selain itu, kutil kelamin juga dapat dicegah dengan menggunakan kondom saat Anda melakukan hubungan seksual. Meski tidak sepenuhnya efektif dalam melindungi Anda dari penyakit ini karena masih ada bagian kulit yang dapat terpapar, namun setidaknya pemakaian kondom bisa meminimalisasi risiko terkena kutil kelamin dan melindungi Anda dari penyakit seksual menular lainnya.

Selain menggunakan kondom, Anda juga disarankan untuk tidak berbagi sex toys atau menggunakan alat-alat perangsang yang kondisinya tidak steril.

Beberapa fakta tentang penyakit kutil di kelamin / kemaluan dan pengobatannya

dari banyaknya kisah tentang penyakit kutil kelamin dan pengobatannya, banyak orang yang menceritakan kisah mereka kepada kami sehingga kami dapat merangkumnya secara singkat mengenai fakta-fakta penyakit kutil. Dan berikut akan disebutkan mengenai beberapa fakta menarik yang harus diketahui oleh penderita penyakit kutil kelamin :

  • Kutil kelamin adalah jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh HPV (human papilloma virus).
  • Seperti PMS lainnya, kutil kelamin yang sangat menular, menyebar biasanya melalui kontak seksual, tetapi juga dapat menyebar melalui kontak berkepanjangan seperti melalui handuk, pakaian renang dan barang-barang lain yang terinfeksi dengan penyakit tersebut.
  • Tidak semua jenis HPV menyebabkan kutil kelamin.
  • Masa inkubasi dari virus setelah infeksi adalah 2-9 bulan.
  • Hanya dua-pertiga dari orang yang terinfeksi menunjukkan gejala.
  • Kutil kelamin tidak hanya muncul di daerah kelamin, tetapi juga di dubur, anus, uretra, paha, mulut dan tenggorokan.
  • Kutil mungkin muncul sebagai kutil umum yang muncul dari kulit atau sebagai daging kemerahan dengan bentuk yang datar.
  • Kutil kelamin dapat muncul satu per satu atau dalam kelompok.
  • Kebanyakan dokter mendiagnosa kutil kelamin hanya dengan mengidentifikasi penampilan seperti kembang kol.
  • Banyak wanita yang telah terinfeksi kutil kelamin hanya mengetahui penyakitnya ini setelah menjalani tahap pap smear rutin.
  • Kutil kelamin umumnya mempengaruhi lebih dari 5 juta orang setiap tahun.
  • Pilihan pengobatan untuk kutil kelamin bervariasi, dari krim dan salep sampai pada prosedur pembedahan.
  • Mengobati penyakit ini yang hanya berfokus untuk menghilangkan kutilnya saja, sebenarnya tidak menyembuhkan kutil kelamin secara optimal.
  • Kebanyakan penderita penyakit kutil kelamin akan mengalami kekambuhan setiap saat karena virus yang menyebabkan kutil tersebut tetap ada.
  • Wanita hamil lebih berisiko memiliki kutil kelamin parah karena kutil tumbuh pesat.
  • Janin dan bayi yang baru lahir bisa terinfeksi penyakit ini jika ibu mereka terinfeksi.
  • Perlindungan saat berhubungan seks tidak menjamin Anda tidak akan menginfeksi orang lain.
  • Gejala penyakit kutil kelamin ini seperti rasa sakit ketika melakukan hubungan seksual, debit, obstruksi kemih, benjolan berdaging di wilayah genital, rasa gatal yang sulit dijelaskan penyebabnya, kemerahan pembengkakan di daerah kelamin, kutil atau benjolan dan perdarahan selama atau setelah hubungan seksual.
  • Orang dengan riwayat penyakit menular seksual memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi kutil kelamin.

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.